Tips Puasa Saat Hamil

Share this history on :
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H bagi yang menjalankannya. Bagi muslimah yang sedang hamil, puasa sunnah hukumnya,  dikerjakan berpahala, tidak dikerjakan tidak berdosa.  Nah, bunda kali ini Cipa Kids Shop akan memberikan tips berpuasa bagi ibu hamil. Semoga tips kali ini bermanfaat ya bunda...

Ibu Hamil Berjilbab
Konsultasikan rencana berpuasa ke dokter kandungan.  Pada intinya, tidak ada larangan berpuasa bagi ibu hamil.  Puasa lebih mudah dilakukan saat bunda sudah tidak lagi mual dan muntah, karena muntah membatalkan puasa.  Biasanya setelah kehamilan memasuki
"Prinsip saya,puasa untuk dinikmati bukandikeluhkan. Bulan puasa lalu selagi hamil 6 bulan saya berpuasa di bawah pengawasan dokter.  Karena bekerja,saya mengatur aktivitas agar tidak terlalu lelah.  Pulang kantor sambil menunggu maghrib, saya istirahat sambil berbaring. Saat sahur dan buka, menu diperhatikan benar. Malam hari bila tidak lelah saya tarawih di masjid, tapi bila capek tarawih di rumah. Selama sebulan saya bisa berpuasa dan janin tetap sehat "
usia 16-18 bulan.  Kondisi yang untuk puasa : Anda sehat, kadar hemoglobin minimal 10 gram dan tensi darah 120 hingga 180 miligram hemoglobin.  Pertumbuhan berat badan janin menjadi pertimbangan, apakah sesuai dengan usia kehamilan.  Artinya,  tidak terjadi kelambatan pertumbuhan janin.  Selama berpuasa,  jangan takut kehilangan energi.  Selain bisa didapat dari makanan saat sahur, cadangan energi bisa didapat dari hati, otot, dan lemak bawah kulit.  Justru aktivitas puasa saat tepat untuk memobilisasi cadangan energi agar tidak tertimbun menjadi beban tubuh.  Jangan paksakan puasa jika lemas berlebihan, mengantuk dan pusing.
Pola makan saat puasa :
  • Makan sahur sedekat mungkin waktunya dengan imsak.  Konsumsi protein dan lemak dalam jumlah cukup,  karena keduanya tahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari.  Jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak lemas dan cepat lapar akibat insulin shock.
  • Saat berbuka, mulailah dengan makanan hangat dan manis.  Hindari minuman dingin sebab menurunkan kerja lambung. Maksimalkan keja lambung agar menghasilkan energi secara tepat dengan makan karbohidrat simpleks yang mudah diserap tubuh, misalnya kolak, kurma, teh manis.
  • Setelah sholat maghrib, makan dengan porsi lebih besar, tapi jangan terlalu banyak karena membuat tubuh lemas.
  • Sehabis sholat tarawih,  usahakan makan lagi meski sedikit.
  • Kebutuhan air 8-10 gelas sehari dapat dibagi menjadi 3 gelas saat sahur, 5-7 gelas ketika berbuka hingga menjelang tidur.  Usahakan minum susu saat sahur dan berbuka.
  • Tetap minum vitamin dan suplemen yang diresepkan dokter.

"Puasa tahun lalu saya hamil anak pertama dengan usia kandungan 4 bulan. Karena ingin puasa saya bertanya ke dokter kandungan.  Dia malah balik bertanya, "Ibu kuat tidak ?" Dokter tidak melarang asal saya kuat dan selama puasa tidak mengalami gangguan tubuh dan kandungan.  Sayang, saya hanya bisa puasa 21 hari sebab masih morning sickness. Tapi saya bersyukur karena lancar tanpa halangan"
Nah, bunda selamat menjalankan ibadah puasa ya,  ingat intinya adalah lihat dulu kondisi bunda,  baru berpuasa..

Sumber : Tips Puasa Saat Hamil

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar